Jumat, 23 September 2011

Pahlawan nggak tau tempat part 1

haaaahh...akhirnya aku liat pacarku senyum tadi..senengnya ^_^
kemaren abis ribut sih sampe seminggu.. :)
Gara2 siapa coba ? ya gara2 akulah !!! -__-''

Alright, ganti topik !!
Aku pernah sekali ngerasain jadi orang yang ingin membela keadilan.Sok jadi pahlawan getoh !!
Itu aku rasain pas kuliah, pas masih semester 1 Jurusan teknik elektro prodi teknik telekomunikasi.Kebetulan aku ketua kelas.Waktu itu aku ga tau dengan adanya sistem2 atau aturan2 ga formal yang ada di kampus aku.Aku juga tau karena banyak diceritain kakak2 semester atas dari masa ke masa.Dari jaman ke jaman.Ga tau kalau di kampus kalian ya.

Ceritanya gini, banyak kakak semester atas yang bilang kalau dosen ini suka gini, dosen ini maunya gini, dosen ini ga suka gitu, dan lain2.Ada 1 dosen yang kami dikasih tau kalau dia mau ngadain perbaikan nilai itu dengan cara membeli.Memebeli apa? tentu saja membeli alat kebutuhan dosen tersebut.Itu kata kakak tingkat kami.Dan dosen itu mengajar salah satu mata kuliah kami.Untuk nama dosen dan mata kuliahnya ga aku sebut.

Pernah pkoknya pas lagi hari2 sesudah UAS.Biasanya mahasiswa nyari2 dosen untuk minta perbaikan bagi yang ngerasa nilainya bakal anjlok.Kalau aku waktu itu sih ga.Bukan karena aku pinter, tapi pas waktu itu aku lagi kepikiran mau nembak cewek dan mau nyiap2in surprise.Cewek nya itu ya pacarku sekarang.Ada teman2ku yang nilainya pada kecil ngadep rame2 untuk minta perbaikan.Aku liatin dari luar ruangan.Kayaknya tertutup banget, ga kedengeran suara sama sekali.Cuma keliatan ekspresi2 teman2ku yang keliatannya kayak berdiskusi tapi wajahnya banyak yang linglung, bingung, dan mengkerut.Setelah itu mereka keluar.Aku samperin mereka, aku tanyain.Salah 1 temanku bilang gni, mereka disuruh beli alat yang sesuai dengan mata kuliah kami.Dia bilang alat itu harganya mahal di pasaran.Itu juga untuk mendapatkan nilai B bukan A.Aku kaget dengernya.Terpikir di benakku, "wah dosen ini bahaya".Aku jadi ngerasa kesal aja, ga nyangka ada dosen kayak gitu.

Selang 3 hari kemudian, jurusan kami mengadakan penulisan angket bagi kinerja dosen.Ketua kelas masing2 kelas dan prodi disuruh hadir dan mengisi angket.Isi angket nya itu kita disuruh nulis apakah ada salah satu dosen atau banyak dosen yang memberikan ujian perbaikan dengan cara membeli nilai atau diganti membeli barang lain yang tidak sesuai dengan konteks perkuliahan.Aku berpikir "jelas ada..itu dosen kami.."
Tapi aku takut mau nulis nama dosen kami di angket itu.Tapi dengan janji dari sekretaris jurusan ga akan menyebarluaskan angket ini dan akan menjamin kerahasiannya, dan rasa peduli aku karena kasihan ngeliat teman2ku yang ikut susulan sampe ngabisin uang banyak cuma untuk dapetin nilai B, akhirnya aku tulis nama dosen itu.Padahal sebelum aku masuk ke ruangan itu, ada salah satu temanku yang ngasih tau kalau itu soal angket dosen, mending jangan dikasih tau.Bahaya katanya.Aku masih bingung aja mau gimana.Setelah dikumpul semua angket itu aku masih was2 takut apa yang bakal terjadi ntar.Temanku yang ngasih tau tadi nyamperin aku.Dia tanya apa aku tulsi nama dosen kami itu apa ngga.Aku jawab iya.Aku ngerasa kebenaran harus ditegakkan.Lagipula pernyataan aku dijamin aman karena terjaga kerahasiaannya.

Baru aja turun tangga, udah ada pemberitahuan kalau seluruh kelas prodi telekomunikasi semester 1 dipanggil dosen anu di anu karena penting.Ada temanku dari kelas laen bilang kalau wajah dosen itu garang.Kayaknya marah.Mampus dah !!! Aku mulai takut.Tapi aku berpikir mending diem aja ntar pura2 ga tau.Singkat cerita giliran kelas kami yang ngadep.Aku liat bener dosen kami itu, wajahnya serem bener.Dia bilang ke kami sekelas kalau dia dapat kabar dari jurusan, siapa yang bilang kalau dia ngadain susulan dengan cara beli2 alat.Siapa yang nulis angket kayak gitu.Sekelas kami kaget dan pada bingung.Aku sendiri takutnya bukan main.Dia paksa kami untuk ngaku kalau ngga kami sekelas dikasih nilai D untuk mata kuliah dia.Tentu aja teman2ku pada ketakutan dan pada saling bilang untuk ngaku.Aku takut dan bingung tingkat tinggi waktu itu.Keringat nyaris deras.Dan pada akhirnya aku mengangkat tangan.Mengaku kalau aku yang nulsi angket itu.Semua temen2ku pada kaget.Ada yang syok juga kali ya.Mungkin dosen itu juga kaget.Terus dia nyuruh aku untuk ngubah angket itu.Aku langsung jalan cepat menuju jurusan untuk nulis angket yang baru.Sepanjang jalan aku berpikir, perasaan baru sebentar aku nulis angket kok dia bisa tau ya? kan dia ga ada di situ pas penulisan angket.Apa ada yang ngasih tau.Tapi dia bilang tadi dapat kabar itu dari jurusan.Sejak itu aku ga percaya lagi dengan dosen2 di jurusan ataupun lembaga yang katanya melindungi penuh mahasiswa.Nyatanya yang ginian aja masih ga bisa ditutupin.Mana janjinya yang bilang kerahasiaannya akan terjaga ? Bastard tau ga sih !!

Pada akhirnya aku ganti angket itu dengan isi kalau ngga ada dosen yang melakukan hal demikian.Shit lah ! Serasa digoblokin aku.

Bersambung....

Pacchiki.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar